Halaman

Kamis, 28 Juni 2018

BLW? Takut Anak Tersedak?

Seperti yang sudah pernah saya bagikan, awal pemberian makan pendamping ASI (MPASI) untuk Rapha, saya menggunakan metode konvensional (dengan menyuapi atau spoonfeeding -selanjutnya saya sebut dengan SF). Cerita kenapa dari SF pindah ke BLW bisa dibaca di MPASI Rapha day 1 dan MPASI Rapha day 3.

Pertama kali pakai metode BLW saya ragu:
1. Apa Rapha cukup dapat nutrisi? -jadinya saya mix antara SF dan BLW (yang kemudian saya tahu malah berbahaya).
2. Apa Rapha bisa mengunyah makanannya? Jangan-jangan malah tersedak. Trus jadi kapok makan.
3. Apa saya sanggup masaknya? (mengingat saya ini dulu anti masuk ke dapur)

Lalu saya belajar bahwa:
1. Anak usia di bawah 1 tahun, sumber nutrisi utamanya masih tetap susu (ASI ataupun formula), jadi jangan khawatir anak kekurangan nutrisi
2. BLW adalah sebuah proses anak mengenal makanan -mulai dari tekstur, warna, dan rasa. Anak akan lebih banyak mengekplorasi makanannya dengan cara bermain terutama pada saat-saat awal.
3. Anak memiliki refleks untuk mengeluarkan makanan yang sekiranya akan menyangkut di tenggorokan. Proses ini disebut gagging (bahasa Indonesianya tersedak, tapi beda dengan choking yang bisa diartikan tersedak sampai tercekik).
4. Asalkan makanan dipotong dengan ukuran yang benar (seukuran jari), anak tidak akan tercekik (choked). 

Berikut perbedaan gagging (hanya tersedak saja) dengan choking (tersedak dan tercekik)
Gagging:
1. Si kecil akan membuka mulut dan mengeluarkan lidahnya. Wajahnya memerah.
2. Si kecil akan terbatuk-batuk (pertanda bagus -artinya mereka sedang berlatih)

Choking: 
1. Si kecil akan mulai membiru
2. Si kecil terdiam dan tidak dapat bersuara
3. Si kecil bisa jadi batuk-batuk jika hanya terhambat sebagian (pertanda yang bagus berarti si kecil membersihkan tenggorokannya)

Gagging vs Choking
Sumber: Facebook Group Baby Led Weaning for Beginners

Kalau misal si kecil mengalami choking (aduh, semoga jangan ya...), ada prosedurnya seperti gambar ini:
Bagaimana mengatasi choking bayi
Sumber: Facebook Group Baby Led Weaning for Beginners

Nhah, ini daftar makanan yang bisa menyebabkan si kecil tersedak:
Choking Hazards
Sumber: Facebook Group Baby Led Weaning for Beginners

Dan ini contoh cara memotong makanan yang benar dalam BLW:
Sumber: www.friendlyfirstfoods.co.uk
Sumber: Facebook Group Baby Led Weaning for Beginners








Tidak ada komentar:

Posting Komentar