Halaman

Jumat, 15 Juni 2018

MPASI Rapha day 29

15 Juni 2018
Hari keduapuluhsembilan

Kemarin diingetin sama dokter, Rapha sudah boleh makan berat 3x sehari dan snack 2x sehari. Tapi bunda masih agak keteteran. Yasudah, seadanya aja dimakan.

Makan pagi:
Berhubung ayah lagi ga enak badan, bunda masak sop kacang merah untuk bertiga.

Karbo: nasi putih (lembek)
Sayur: wortel, buncis, tomat
ProHe: daging sapi
ProNa: kacang merah (diblender)

Sama kayak bakso dan ca kale, masaknya buat Rapha dulu, setelah itu baru dibumbui. Walaupun dokter bilang Rapha sudah boleh makan ditambah gula, garam, keju, unsalted butter, tapi bunda masih kekeuh no spices for Rapha sampai bener-bener bunda siap hati.

Ini kali pertama Rapha ketemu daging sapi. Dan dia suka. Ternyata, walapun belum punya gigi, daging sapi pun bisa digigit lho. Keren ya? Bundanya sampai kaget tadi.

Oya, karena bunda agak males nyendokin, nasi dan kacang merahnya dibuat kepal -biar ga kalah sama ais kepal yang lagi viral. Senengnyaaaa, bola kepal nasi-kacang merah pun diserbu. Makan pagi ini menyenangkan karena lahap banget.


Snack pagi:
Buah pepaya.
Cuma dimkan dua gigit aja. Masih terlalu kenyang kayaknya. Tadi pagi makan lumayan banyak dan agak terlalu siang (Rapha bangunnya kesiangan sih). Besok harus atur jam lagi.

Makan siang:
Yeay! First time eating out! Sebenernya udah beberapa kali sih makan di gereja. Tapi bukan di warung makan/restoran/cafe macam hari ini. Bunda deg-degan. Kalau baca tentang eating out for BLW babies, itu bisa jadi momok. Kenapa? Karena anak makan sendiri, risikonya berantakan. Belum lagi kalau anaknya pas ga mau makan.

Lalu gimana hari ini? Puji Tuhan Rapha well behaved. Menunya masih sama kayak tadi pagi (sop kacang merah).

Tipsnya biar ga terlalu berantakan: taruh makanan lebih sedikit di mejanya. Tadi bunda cuma taruh 1 slice daging sapi, 1 potong wortel, dan 1 potong buncis. Tunggu sampai habis dulu. Setelah itu baru ditambah. Nasi dan kacang merah sengaja dikasih terakhir karena harus pakai sendok (Rapha kalau udah liat sendok, maunya makan pakai sendok. Makanan lain dibuang). Rapha seneng makannya. Ngunyah sambil lihat-lihat sekitar, soalnya tempat baru.


Ga berantakan sama sekali bun? Duh, itu keajaiban kalau sampai anak makan ga berantakan sama sekali. Pasti ada yang jatuh di lantai, tapi dikit. Ga seheboh kalau di rumah. Rapha pun ga buang-buang makanan. Pas udah kenyang, dia ga sentuh makanan sama sekali dan minta minum. Well done, my baby boy.

Keliatan kan siapa paling hepi kalau diajak jalan-jalan :D

Snack sore:
Karena pulang dari jalan-jalan udah sore banget dan lanjut silaturahmi ke rumah orang, jadi cemilan Rapha cuma rice crackers. Itu pun di rumah orang. Bunda kasih Yummy Bites rasa original.

Makan malam skip dulu ya. Rapha kecapean. Mau bobok. Selamat malam!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar