Halaman

Jumat, 29 Juni 2018

Takaran Air Putih untuk Bayi

Apakah bayi butuh air putih? Kapan bayi boleh minum air putih? Seberapa banyak seharusnya bayi minum air putih?

Baby drinking
Sumber: pixabay
Banyak pertanyaan tentang pemberian air putih pada bayi. Saya juga awal-awalnya bertanya-tanya, boleh ga sih Rapha dikasih air putih? Sejak usia berapa Rapha boleh minum air putih? Seberapa banyak Rapha boleh minum air putih?

Rapha saya kenalkan dengan air putih sejak hari pertama MPASI, berarti usia 6 bulan persis.

Sejak dikenalkan dengan air putih, Rapha lebih suka minum air putih ketimbang susu, terutama saat malam hari. Biasanya, kalau tengah malam terbangun, artinya minta susu. Tapi akhir-akhir ini, dia tolak mentah-mentah susunya. Trus ayah bunda coba kasih air putih dan diminum sampai habis (biasanya dikasih + 80 ml). Tapi karena sering begitu, saya jadi khawatir Rapha kebanyakan minum air putih. Lalu saya tanya dokternya Rapha.

"Gapapa, Bu, lebih seger mungkin. Haus tapi kenyang. Biar ga dehidrasi juga. Yang penting dedek Rapha tetap mau minum susu. Ini berat badannya oke kok," jawab dokter spesialis anak yang nanganin Rapha.
Sebagai catatan, Rapha minum susu formula dengan takaran yang sesuai. Tidak berkurang. Jadi tidak masalah minum air putih banyak pun -asal ga berlebihan juga (berlebihan yang kayak apa ya? Ntar dibahas di bawah, hehe).

Tapi sebenarnya berapa banyak sih takaran air putih yang boleh dikonsumsi bayi?

Menurut American Dietetic Association (ADA) dan American Academy of Pediatrics (AAP), bayi di bawah 6 bulan yang mengonsumsi ASI dan/atau susu formula biasanya tidak perlu tambahan air lagi. Kebutuhan cairannya sudah terpenuhi dari susu yang diminum.

Setelah si kecil berkenalan dengan makanan alias sudah mulai mengonsumsi MPASI, sebaiknya dikenalkan juga dengan air putih. Kenapa? Air putih membantu proses pencernaan si kecil. Gampangnya, tanpa ilmu science, gini ... Waktu belum makan, si kecil cuma minum susu. Ga ada makanan padat yang masuk. Setelah makan -entah dengan metode SF ataupun BLW, tubuh si kecil kemasukan makanan padat kan. Nah, si kecil butuh cairan lebih untuk mengeluarkannya. Biar ga konstipasi atau sembelit. Ada lhoh anak yang sembelit karena bundanya ga ngasih air putih atau pelit ngasih air putihnya karena masih ragu. Kasian kan anaknya.

Jadi, seberapa banyak air putih yang boleh diminum si kecil?
Ini takaran air putih yang seharusnya dikonsumsi si kecil:
Usia 6 (atau ada yang menyarankan 7 bulan) sampai 12 bulan: 2 sampai 4 oz (58-118 ml) dua kali sehari
Usia 1 sampai 6 tahun: minimal 4 oz (sekitar 118 ml) sampai 2 liter jika sedang panas sehari, tergantung kebutuhan si kecil juga sih.

Di bawah ini tabel takaran air putih dari 0 bulan sampai dewasa:

Takaran Air Putih untuk Bayi
Sumber: botanical-online.com
Yuk, bunda, jangan ragu ngasih air putih ke si kecil. Biar si kecilnya ga sembelit. Tapi ingat, jangan berlebihan ya. 😉

Tidak ada komentar:

Posting Komentar